Program Pendampingan SD oleh Pengawas Sekolah

PROGRAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DASAR

Pendampingan oleh Pengawas Sekolah Tahun 2024

Timeline Pendampingan 1 Tahun

Bulan Fokus Pendampingan Kegiatan Utama
Januari Analisis Kebutuhan Sekolah Observasi awal, pemetaan masalah, penyusunan program
Februari Perencanaan Pembelajaran Workshop modul ajar & asesmen diagnostik
Maret Pembelajaran Aktif Pendampingan PBL/PjBL, supervisi kelas
April Literasi & Numerasi Pelatihan strategi membaca & matematika kontekstual
Mei Evaluasi Pembelajaran Workshop analisis hasil belajar & remedial
Juni Supervisi Akademik Evaluasi tengah tahun, pelatihan supervisi klinis
Juli Projek P5 Workshop perancangan projek kolaboratif
Agustus Teknologi Pembelajaran Pelatihan platform digital (Canva, Quizizz)
September Pendidikan Karakter FGD anti-bullying & sekolah ramah anak
Oktober Akreditasi Sekolah Audit dokumen SNP, simulasi akreditasi
November Refleksi Akhir Tahun Evaluasi program & penyusunan laporan
Desember Diseminasi Hasil Presentasi best practices, apresiasi guru/siswa

Metode Pendekatan Mendalam oleh Pengawas Sekolah

Supervisi Klinis

Pengawas melakukan observasi langsung di kelas, memberikan umpan balik spesifik, dan mendiskusikan perbaikan dengan guru.

  • Pra-observasi: Diskusi rencana pembelajaran
  • Observasi: Mencatat praktik mengajar
  • Pasca-observasi: Refleksi & rekomendasi

Lesson Study

Kolaborasi antar guru untuk merancang, mengamati, dan merevisi pembelajaran berbasis masalah.

  • Plan: Merancang RPP bersama
  • Do: Salah satu guru mengajar, yang lain mengamati
  • See: Diskusi perbaikan

Pendampingan Individual (Coaching)

Pengawas menjadi mentor bagi guru/kepala sekolah melalui dialog reflektif.

  • Fokus pada kebutuhan spesifik guru
  • Menggunakan pertanyaan terbuka
  • Mendorong inisiatif perbaikan mandiri

Pendampingan Berbasis Projek (P5)

Membantu sekolah merancang projek penguatan profil Pelajar Pancasila.

  • Identifikasi tema (kearifan lokal, lingkungan, dll.)
  • Panduan penilaian autentik
  • Monitoring implementasi

Instrumen Pendampingan

Lembar Observasi Kelas

Digunakan saat supervisi klinis untuk menilai:

  • Penggunaan media pembelajaran
  • Interaksi guru-siswa
  • Penerapan diferensiasi
  • Keterlibatan siswa
Download Format Observasi

Checklist Dokumen Sekolah

Memverifikasi kelengkapan administrasi:

  • RPP/modul ajar
  • Dokumen kurikulum
  • Laporan evaluasi siswa
  • Program literasi/numerasi
Download Checklist

Panduan Wawancara Guru/Kepala Sekolah

Pertanyaan untuk menggali kebutuhan:

  • "Apa kendala utama dalam pembelajaran?"
  • "Bagaimana strategi Anda menangani siswa berkebutuhan khusus?"
  • "Apa dukungan yang dibutuhkan dari pengawas?"

Format Evaluasi Diri Sekolah (EDS)

Alat refleksi mandiri berbasis 8 SNP:

  • Standar isi, proses, kompetensi lulusan
  • Standar pendidik & tenaga kependidikan
  • Standar sarana-prasarana

Strategi Pendampingan Efektif

Tips! Pendekatan mendalam membutuhkan:
  • Membangun trust dengan guru & kepala sekolah
  • Fokus pada solusi, bukan hanya masalah
  • Menggunakan data (hasil observasi, nilai siswa) sebagai dasar rekomendasi
  • Menjadwalkan kunjungan rutin (minimal 1x/bulan)

© 2024 Program Pendampingan Sekolah Dasar | Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota