Pendampingan oleh Pengawas Sekolah Tahun 2024
Bulan | Fokus Pendampingan | Kegiatan Utama |
---|---|---|
Januari | Analisis Kebutuhan Sekolah | Observasi awal, pemetaan masalah, penyusunan program |
Februari | Perencanaan Pembelajaran | Workshop modul ajar & asesmen diagnostik |
Maret | Pembelajaran Aktif | Pendampingan PBL/PjBL, supervisi kelas |
April | Literasi & Numerasi | Pelatihan strategi membaca & matematika kontekstual |
Mei | Evaluasi Pembelajaran | Workshop analisis hasil belajar & remedial |
Juni | Supervisi Akademik | Evaluasi tengah tahun, pelatihan supervisi klinis |
Juli | Projek P5 | Workshop perancangan projek kolaboratif |
Agustus | Teknologi Pembelajaran | Pelatihan platform digital (Canva, Quizizz) |
September | Pendidikan Karakter | FGD anti-bullying & sekolah ramah anak |
Oktober | Akreditasi Sekolah | Audit dokumen SNP, simulasi akreditasi |
November | Refleksi Akhir Tahun | Evaluasi program & penyusunan laporan |
Desember | Diseminasi Hasil | Presentasi best practices, apresiasi guru/siswa |
Pengawas melakukan observasi langsung di kelas, memberikan umpan balik spesifik, dan mendiskusikan perbaikan dengan guru.
Kolaborasi antar guru untuk merancang, mengamati, dan merevisi pembelajaran berbasis masalah.
Pengawas menjadi mentor bagi guru/kepala sekolah melalui dialog reflektif.
Membantu sekolah merancang projek penguatan profil Pelajar Pancasila.
Digunakan saat supervisi klinis untuk menilai:
Memverifikasi kelengkapan administrasi:
Pertanyaan untuk menggali kebutuhan:
Alat refleksi mandiri berbasis 8 SNP: