Program Pendampingan Sekolah Dasar 2024

PROGRAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DASAR

Pendampingan Pengawas Sekolah Tahun 2024

Latar Belakang

Program pendampingan ini disusun berdasarkan hasil analisis kebutuhan sekolah yang menunjukkan:

  • 65% guru mengalami kesulitan dalam penerapan pembelajaran diferensiasi
  • Dokumen perencanaan sekolah (RKS/RKAS) belum sepenuhnya berbasis data
  • Keterampilan supervisi akademik kepala sekolah perlu penguatan
  • Nilai rata-rata literasi siswa masih di bawah standar nasional

Berdasarkan Permendikbud No. 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah, pengawas wajib melaksanakan pembinaan dan pemantauan program sekolah.

Tujuan Program

Tujuan Umum

Meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar melalui pendampingan berbasis kebutuhan untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Tujuan Khusus
  1. Meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran berdiferensiasi
  2. Memperkuat kapasitas manajerial kepala sekolah
  3. Mengoptimalkan program literasi dan numerasi
  4. Meningkatkan akuntabilitas perencanaan sekolah

Sasaran

Kepala Sekolah

Peningkatan kompetensi manajerial dan supervisi akademik

Guru Kelas

Penguatan pedagogik dan asesmen pembelajaran

Tenaga Kependidikan

Peningkatan administrasi sekolah

Rencana Kegiatan

Bulan Kegiatan Output Penanggung Jawab
Januari Analisis kebutuhan sekolah Laporan analisis kebutuhan Pengawas Sekolah
Februari Workshop penyusunan perangkat pembelajaran Modul ajar semua kelas Pengawas + Kepala Sekolah
Maret Pendampingan supervisi akademik Video praktik baik Kepala Sekolah
April Pelatihan literasi numerasi RPP terintegrasi literasi Pengawas + Guru Inti

Metode Pendampingan

Pendekatan Individual
  • Supervisi klinis
  • Coaching 1-on-1
  • Konsultasi dokumen
Pendekatan Kelompok
  • Workshop bulanan
  • Lesson study
  • FGD pemecahan masalah
Pendekatan Teknologi
  • Pendampingan daring via Zoom
  • Sharing materi melalui Google Drive
  • Monitoring melalui e-rapor
Pendekatan Data
  • Analisis hasil asesmen
  • Pemetaan mutu sekolah
  • Evaluasi berbasis EDS

Indikator Keberhasilan

Untuk Kepala Sekolah
  • 100% dokumen RKS/RKAS berbasis data
  • Melaksanakan supervisi 2x/bulan dengan instrumen valid
  • Program literasi berjalan dengan bukti dokumen
Untuk Guru
  • 90% guru menggunakan pembelajaran berdiferensiasi
  • Peningkatan nilai literasi siswa sebesar 15%
  • Portofolio asesmen autentik lengkap

Monitoring & Evaluasi

Monitoring
Frekuensi Bulanan via kunjungan sekolah
Instrumen Checklist, observasi kelas, wawancara
Pelaksana Tim pengawas sekolah
Evaluasi
Waktu Tengah tahun & akhir tahun
Metode Analisis dokumen, survei kepuasan
Output Laporan rekomendasi tindak lanjut
Template Laporan Monev
Download Format Contoh Laporan

© 2024 Program Pendampingan Sekolah Dasar | Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota

Tim Pengawas Sekolah Dasar